6.1.11

Alhamdulillah..

Manusia , memang mahluk paling sempurna . Manusia , karena kekompleksannya selalu menuntut apa yang dirasanya paling baik untuk mereka , yang sayangnya, tidak pernah ada habisnya . Trend dan perkembangan zaman memacu mereka untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama , yang terdepan dan serba punya . Mendorong mereka untuk memenuhi nafsu sesaatnya , menghambur-hamburkan apa yang mereka punya . Segala cara dapat dihalalkan , asal apa yang mereka inginkan bisa didapatkan.

Saya sering mengamati , nasib seorang manusia di muka bumi ini begitu beragam. Ada yang terlahir rupawan , ada yang lahir dengan kekurangan , ada yang terlahir di keluarga yang kaya dan berada , namun banyak juga yang sebaliknya . Saya sendiri lahir dengan biasa-biasa saja . Setidaknya begitulah yang saya rasa . Keluarga saya sederhana , dan Alhamdulillah kedua orangtua saya dapat memenuhi kebutuhan saya sampai sekarang . Namun sayangnya , saya manusia , yang banyak maunya , seringkali apa yang telah mereka berikan belum saya rasakan cukup . Saya masih sering menuntut , tanpa menyadari bahwa apa yang saya tuntut sebenarnya tidak saya butuhkan , yang untungnya tidak dikabulkan oleh mereka . Saat itu apa yang saya rasakan adalah marah , kecewa , karena apa yang saya inginkan tidak bisa mereka penuhi . Penjelasan mereka seringkali tidak saya dengarkan , tidak saya acuhkan , hilang sepintas seperti angin lalu saja . Sekarang setelah saya cukup rasional , pola pikir saya sudah lebih berkembang,  saya bersyukur sekali saya lahir dari keluarga yang sederhana..

Semuanya melalui proses yang cukup gampang sebenarnya, namun sayangnya tidak semua orang mau melaluinya . Mungkin kata-kata “Janganlah terlalu sering melihat keatas , sesekali tengoklah apa yang ada dibawah..” terdengar klasik di telinga anda , namun saya sangat merasakan betapa kata-kata ini dapat merubah hidup saya . Lakukanlah , perhatikanlah orang-orang yang hidup dibawah anda . Posisikanlah diri anda sebagai mereka , perbanyak pergaulan dengan mereka . Lihatlah keatas hanya sebagai pemacu untuk anda agar lebih baik lagi , namun ketika anda berhasil meraihnya , jangan lupa untuk menengok kebawah . Klasik memang , tapi inilah yang saya rasakan , betapa suatu hal yang kuno dan sederhana membuat hidup saya semakin baik . Ketika anda semakin sering melakukannya , anda akan terbiasa melakukan suatu hal yang dapat membuat hidup anda lebih mudah : Bersyukur . Satu kata yang umum , namun sangat seringkali dilakukan . Arti syukur disini adalah benar-benar berterimakasih kepada Tuhan atas apa yang telah anda raih , meskipun belum memenuhi apa yang anda inginkan . Saya percaya Tuhan Maha Adil , semua usaha yang telah anda lakukan pasti ada buahnya. Jika apa yang anda inginkan tidak tercapai sekarang , mungkin Tuhan mempunyai waktu yang lebih tepat untuk anda , atau rencana lain yang jauh lebih indah dari yang bisa anda bayangkan .   

Karena hidup ini indah , jangan disiakan hanya untuk mengejar nafsu sesaat . Ada hal-hal yang bersifat kekal.. Akhirat . Kejarlah keindahan akhirat anda , dimulai dari sekarang . Dimulai dengan bersyukur..

No comments:

Post a Comment

Drop some words :)